merchandise adalah

Apa itu merchandise? Merchandise adalah….. 🤔 Pernah dengar tentang makna kata tersebut? Mereka yang tidak berkecimpung di bisnis pembuatan merchandise tidak memahami makna merchandise sebenarnya. Kebanyakan melihat merchandise sebagai bentuk promosi atau kampanye suatu perusahaan supaya lebih dikenal masyarakat.

Apalagi kebanyakan merchandise dibagikan cuma-cuma sebagai bentuk terima kasih promotor atas kehadiran peserta dalam event yang diselenggarakan.

Definisi Merchandise

Merchandise adalah barang promosi yang dipersiapkan secara matang oleh suatu perusahaan untuk dibagikan kepada peserta ketika menghadiri event atau pameran. Inilah mengapa barang-barang merchandise selalu memiliki lambang atau nama perusahaan di permukaan produknya. Karena tujuan utamanya adalah mempromosikan produk atau sebagai brand awareness.

Bagi perusahaan kegiatan promosi merupakan aktivitas yang sangat dibutuhkan, dengan memberikan merchandise diharapkan bisa memperkenalkan brand secara positif pada masyarakat. Akibatnya, semakin brand dikenal semakin besar pula peningkatan penjualan produk karena trust issue masyarakat yang terus meroket.

Fungsi Merchandise Bagi Perusahaan

Selain untuk promosi dan brand awareness, pembuatan merchandise bagi perusahaan memiliki peran penting lainnya sebagai:

  • Magnet Untuk Mengumpulkan Konsumen

Pameran yang memiliki booth merchandise biasanya selalu ramai oleh pengunjung, apalagi jika kupon atau tiket yang dimiliki bisa ditukarkan dengan barang gratis yang ada di sana. Booth merchandise biasanya dibuat unik dan mencolok sehingga orang tertarik untuk berkumpul dan melihatnya.

  • Membedakan Dengan Perusahaan Lainnya

Tidak semua perusahaan mampu atau mau untuk menyelenggarakan event dan membagiakan merchandise seusai acara. Inilah yang membedakan antara perusahaan A yang rutin melakukan pameran dan promosi dengan perusahaan B yang tidak pernah melakukannya.

  • Ungkapan Terima Kasih

Merchandise juga bertujuan sebagai ungkapan rasa terima kasih oleh perusahaan terhadap peserta yang hadir memenuhi event atau pameran. Semakin ramai acaranya artinya semakin besar pengaruh brand tersebut dalam masyarakat.

Jika acara yang diselenggarakan sepi oleh pengunjung, perusahaan akan merugi karena merchandise yang telah mereka buat dan tumpukan tiket tersisa banyak.

Sudah paham definisi merchandise? Merchandise adalah kegiatan promosi yang biasa dilakukan perusahaan saat menyelenggarakan acara akbar. Barang merchandise yang dibagikan semakin lama semakin berkembang dan banyak bukan sekedar kaos, mug atau topi saja. Beberapa perusahaan bahkan memberikan merchandise unik sebagai pembeda.

Ketika bicara tentang layanan penyedia merchandise, nama VLV Projects selalu menjadi yang paling terdepan. Kami merupakan layanan pembuatan merchandise terpopuler dan terpercaya yang sudah berpengalaman. Untuk pertanyaan atau macam-macam merchandise yang kami tawarkan, kamu bisa hubungi : VLV Projects atau kunjungi : Facebook Page kami.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.